Sejak tahun 2011, nama Pulau Pahawang mulai naik daun di kalangan pelancong nusantara. Secara administratif, pulau dengan luas sekitar 1.804 hektar ini terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan.

Keindahan lanskap bawah laut dan kondisi alam yang masih sangat alami menjadi daya tarik utama pulau tersebut. Jaraknya yang tak terlalu jauh dari Bandar Lampung maupun Jakarta, serta aksesnya yang cukup mudah memberi nilai tambah terhadap destinasi wisata ini.

Jika Anda berencana menghabiskan akhir pekan dengan berlibur ke Pahawang, berikut 5 hal yang bisa Anda lakukan di Pulau Pahawang.

1.  Snorkeling

Di spot Taman Nemo, Pulau Pahawang, Ikan-ikan nemo berenang gesit keluar masuk anemon laut yang menjadi rumahnya. (M Syaiful Anwar)

Di perairan pulau Pahawang, terdapat banyak spot snorkeling yang patut untuk dicoba. Berbagai jenis ikan bisa anda temui di spot-spot snorkeling. Ada juga satu spot snorkeling yang merupakan penangkaran ikan nemo. Anda dapat bermain-main dengan para nemo yang senang keluar masuk anemon laut.

Terdapat pula transplantasi terumbu karang yang dibuat oleh penduduk setempat. Anda juga bisa berfoto dengan foreground plang bertuliskan “Taman Laut Pahawang”.

2.  Mengunjungi Pasir Timbul

Pasir Timbul di antara Pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil, Lampung. Pasir Timbul hanya ada ketika laut surut dan kembali tenggelam ketika laut pasang. (Lutfi Fauziah/National Geographic Indonesia)

Di antara Pulau Pahawang Kecil dan Pahawang Besar, terdapat hamparan pasir putih memanjang yang menghubungkan kedua pulau tersebut. Penduduk lokal menyebutnya sebagai Pasir Timbul. Jika sedang beruntung, Anda dapat menjejakkan kaki di Pasir Timbul. Sebab, Pasir Timbul hanya ada ketika laut surut, dan akan tenggelam ketika laut pasang. Perpaduan warna putih pasir, biru laut dan hijau perbukitan menjadi komposisi apik dalam foto perjalanan Anda.

3.  Free Diving & Diving

Selain snorkeling, Anda juga dapat menikmati lanskap bawah laut perairan sekitar Pahawang dengan cara free diving dan diving. Kedua kegiatan tersebut bisa dilakukan di pulau Tanjung Putus dan Pulau Legundi. Keunikan masing-masing spot ialah, di Tanjung Putus terdapat bangkai kapal karam yang telah menjadi habitat ikan-ikan laut. Sementara di perairan Pulau Legundi banyak terdapat goa bawah laut.

4.  Water Sport

Jika berlibur ke Pahawang, Anda bisa menjajal berbagai olahraga air, seperti banana boat dan sofa boat. Anda bisa melakukannya di Pulau Kelagian Besar yang berada tak jauh dari Pulau Pahawang.

5.  Bermain di pulau-pulau sekitar

Hamparan pasir putih berpadu dengan laut- biru jernih di Pulau Kelagian Kecil memanjakan mata para pelancong. Pulau ini bersama dengan Pulau Kelagian Besar juga menjadi area berlatih Marinir Angkatan Laut RI. Biasanya, pelancong mampir ke Pulau Kelagian Kecil untuk bermain di pantai dan mengambil gambar. (Lutfi Fauziah/National Geographic Indonesia)

Di sekitar Pulau Pahawang terdapat banyak pulau-pulau lain yang tak kalah indah. Seperti Pulau Kelagian Besar, Pulau Tanjung Putus dan Pulau Kelagian Kecil. Anda bisa bermain-main di tepi pantai, menikmati panorama sekitar dan berfoto ria.

Suasana Pulau Pahawang masih begitu alami dan tenang. Berlibur ke Pulau Pahawang cocok bagi Anda yang ingin melepas kepenatan setelah lima hari bekerja dan ingin bersantai selama akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu