Malang, merupakan salah satu wilayah yang berada di Jawa Timur, secara administratif terbagi menjadi 2 pemerintahan yakni Kabupaten dan Kota. Kotanya pun telah menjadi kota terbesar kedua setelah Surabaya. Masih berbicara tentang daerah Arema berasal, berikut ini adalah kumpulan fakta menarik tentang Malang. Penasaran?

1. Malang dikenal sebagai Kota Pelajar

Ya, ternyata tidak hanya Yogyakarta yang dijuluki sebagai kota pelajar. Lalu mengapa Malang pun dijuluki sebagai kota pelajar? Hal ini karena di Malang juga terdapat banyak institusi pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi yang juga menjadi dambaan bagi mereka yang masih pelajar. Contohnya seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang.

2. Hampir sama dengan Yogyakarta, di sana memungkinkan kamu bertemu dengan pelajar yang berasal dari luar pulau Jawa

Saking banyaknya institusi pendidikan unggulan yang ada di sana, maka tak heran jika Malang menjadi salah satu magnet bagi pelajar seluruh penjuru. Jangan heran deh jika kamu mudah sekali bertemu pelajar yang berasal dari luar daerah Malang, seperti luar propinsi Jawa Timur hingga luar pulau Jawa.

3. Gudangnya Kuliner Lezat

Kuliner Malang tidak hanya bakso yang dapat menggugah selera makanmu, di sana terdapat pula banyak kuliner lain yang dapat memanjakan lidahmu, seperti di Restoran yang terkenal seperti Restoran GL8 yang dikenal sebagai restoran cwi mie. Tidak cuma Cwie Mie yang tersedia di Restoran ini tetapi Masakan IndonesiaChinese Food, Frozen Food, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Banyak Pilihan Tempat untuk Nongkrong

Nggak perlu khawatir kehabisan ide untuk nongkrong di mana, karena di sana banyak kafe atau tempat makan hits yang bisa kamu jajaki sekaligus kongkow. Mungkin karena Malang juga dikenal sebagai kota pelajar, banyaknya anak muda yang tinggal di sana menciptakan peluang bisnis yang cukup bagus untuk mendirikan sebuah kafe. Tidak sedikit kafe di Malang menawarkan konsep unik, jadi nggak hanya sekedar menawarkan menu unggulan untuk menarik minat pelanggan.

5. Terdapat beberapa Klub Sepak Bola yang Tangguh sekaligus Supporter yang Setia

Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga yang paling digandrungi di Indonesia, termasuk di Malang sendiri. Di sana terdapat beberapa klub sepak bola yang tangguh dan tidak lupa dengan fans-nya yang setia. Siapa sih yang tidak tahu Aremania?

Aremania merupakan sebutan khusus untuk pendukung salah satu tim sepak bola di Malang dan sangat kondang. Terkenal karena anggotanya berasal dari berbagai kalangan, jumlah anggota yang besar dan loyal. Tidak jarang aremania diliput media karena kehebohan dalam mendukung tim sepak bola idolanya.

6. Tidak hanya Dikelilingi Pegunungan, Wilayah paling Selatan memiliki Pantai-Pantai yang Indah

Sebagian wilayah Malang yang berada di bagian selatan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, artinya Malang juga memiliki banyak pantai. Pantainya pun sangat indah dan layak untuk kamu kunjungi. Sebut saja pantai Goa Cina, Bajul Mati, Balekambang, Tiga Warna, Sendangbiru dan lain-lain.

7. Memiliki banyak julukan, salah satunya adalah Zwitserland van Java

Ya, ternyata Malang punya julukan lain selain sebagai kota pelajar, yakni Zwitserland van Java. Hal ini disebabkan Malang dikelilingi oleh pegunungan mulai dari gunung Kawi, gunung Arjuno, hingga gunung Bromo sehingga menjadikan Malang sebagai salah satu daerah yang memiliki pemandangan yang indah. Tidak hanya itu, ternyata ada juga yang menyebut Malang sebagai kota bunga hingga Parijs van Oost-Java.

Kedua julukan itu mengingatkan pada salah satu kota besar di Jawa Barat ya, yaitu Kota Bandung. Menurut saya, Malang adalah Bandungnya Jawa Timur sih, karena selain pemandangan yang indah, kuliner yang menggugah selera juga menawarkan banyak pusat perbelanjaan yang tidak sedikit. Jadi setuju kan jika Malang menyandang julukan-julukan tersebut?

8. Boso Walikan, Dialek Unik yang sering Membolak-Balikkan Kata

“Kera Ngalam”

Penggalan kata di atas ternyata bukan untuk menyebut salah satu jenis kera, tetapi penggalan tersebut jika dibalik akan menjadi “arek malang”. Hihi. Itu dia yang menjadi salah satu keunikan dari Malang, di sana terdapat sebuah kebiasaan untuk membalik kata yang diucap ketika melakukan obrolan dengan sesama warga Malang.

Boso Walikan ini adalah sebuah dialek Jawa yang dituturkan di Malang. Bahasa ini hanya membalikkan posisi huruf pada kosakata bahasa Jawa ataupun bahasa Indonesia pada umumnya, kecuali pada konsonan rangkap, afiks, dan gabungan suku kata yang tidak memungkinkan bisa dibalik. Contohnya adalah oskab untuk bakso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu